Senin, 08 Oktober 2012

Tips Untuk Memandikan Kucing Persia Anda



Kucing Persia selalu perlu untuk dijaga kebersihannya. Salah satu cara untuk menjaga kebersihannya adalah dengan memandikannya. Kita bisa memandikan mereka setidaknya sekali seminggu atau lebih baik jika kita memandikan kucing Persia kita setiap hari. Dengan memandikannya, kucing kita terhindar dari bulu yang bernoda dan berminyak, kotoran, dll 

Untuk memandikan kucing dengan aman, tanpa rasa sakit, dan tanpa membuat kucing anda cemas; Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut: 

LANGKAH 1 - Kita harus menyadari bahwa kucing sangat benci basah. Lindungi diri anda dari goresan kukunya karena mungkin kucing anda cemas selama dimandikan. Sebagai permulaan, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengenakan kemeja lengan panjang atau pelindung tangan sehingga kulit tidak terkena cakaran kucing. Jika tidak memiliki kemeja lengan panjang, Anda juga bisa memakai sarung tangan. Memotong kuku kucing juga akan mengurangi risiko anda tergores akibat cakarannya. Hati-hati, dalam memotong kuku kucing, potonglah pada bagian ujung kukunya. jika anda memotong kuku mereka terlalu pendek, daging mereka juga dapat sedikit robek sehingga mengeluarkan darah.

LANGKAH 2 - Kucing Persia dikarakteristikan dengan bulunya yang panjang , tebal, dan halus sehingga mudah kusut. Sebelum anda memandikan kucing anda, perlu untuk merapikan bulu-bulu yang kusut dengan menyisir bulunya serta memotong bulunya dengan gunting secara paralel terhadap sisir sehingga anda tidak akan memotong kulit kucing anda. Bulu yang kusam tersebut dapat dicegah dengan penggunaan sikat kawat untuk menghilangkan bulu yang kusut/kusam.

LANGKAH 3 - Pastikan bahwa anda sudah mempersiapkan sebuah wadah yang diisi dengan air hangat untuk membilas dan Bak yang diisi dengan air hangat untuk membasuh (kedalaman 3-4 inci - cukup untuk menutupi kaki kucing anda) sebelum membawa kucing anda ke kamar mandi. Persiapan ini dilakukan untuk membuat kucing anda terbiasa ketika dimandikan dengan air yang mengalir.

LANGKAH 4 - Perlahan Masukan kucing anda ke dalam bak mandi.
Suhu air dapat kucing anda menjadi liar sehingga peganganlah dengan baik pada leher atau bahu sebelum anda mulai menuangkan air ke tubuhnya.

LANGKAH 5 - Oleskan shampo khusus untuk kucing dan gosok pada bulu kucing anda sambil memijat tubuhnya.
Hal ini dapat anda lakukan dari leher, tubuh, kaki, perut dan sampai ekor. Pastikan untuk tidak mendapatkan air atau busa pada matanya, mulut dan hidung untuk menghindari iritasi. Bola kapas harus ditempatkan pada kedua telinga sehingga air tidak akan masuk ke dalam kanal telinga. Menurut dokter hewan, air yang berada di telinga kucing atau anak kucing dapat mengganggu keseimbangan pH yang bisa membuat telinga lebih rentan terhadap infeksi.

LANGKAH 6 - Bilas kucing anda secara menyeluruh. Siram air sebanyak banyaknya pada bulunya sebelum anda mengeringkan tubuh dan bulunya dengan handuk. Gosok secara lembut dengan handuk dan terus melakukan hal tersebut sampai tubuh kucing anda lembab.
Keringkan dengan hair dryer dangan menggunakan derajat panas yang rendah (jangan terlalu panas agar tidak merusak bulu).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar